Tuesday, March 27, 2018

Filled Under:

2 Cara Menyetel Rante keteng dan Rante Keteng yang Berisik di motor Satria fu

2 CARA MENYETEL TENSIONER / RANTE KETENG PADA MOTOR SATRIA FU 




Begini nih caranya:
1.. Buka Cam Chain Adjuster Tensioner dari tempatnya. Gunakan kunci no 8.
2.. Setelah dibuka, dengan menggunakan obeng ( – )masukkan ke dalam celah tegangan rantai cam dan putar searah jarum jam untuk mengendorkan tegangan, kemudian lepaskan obeng ( – ).
3.. Untuk memastikan gerakan batang penekannya, bila batang penekannya macet/mekanisme pegasnya rusak ya harus diganti penyetel tegangan rantai keteng dengan yang baru.
Jadi, ngak melulu tensioner adjusternya musti diganti, cek dulu masih bekerja atau tidak. Jika masih bekerja, tinggal menyetel ketegangan rantai cam yang sesuai. Kalo sudah tidak berfungsi barulah diganti. Untuk berbagai kasus, penggantian ini biasanya gratis, karena masih dalam masa garansi.
OK, sekarang katakanlah cam chain tensioner adjuster masih berfungsi. Cara memasangnya gimana nih, apakah tinggal pasang aja atau perlu perhatian khusus?
Berikut ini langkah-langkah yang kudu duperhatikan pada saat akan memasang kembali alat tersebut.
1.. Sebelum memasang, pastikan pegas penegang sudah dikunci. Caranya dengan obeng (-) putar searah jarum jam.
2.. Putar Crankchaft pada arah yang normal untuk menghilangkan kekendoran rantai antara crank sproket dan exhaust sproket.
3.. Setelah memasang cam chain tension adjuster, putar obeng (-) berlawanan arah jarum jam. Pada saat cam chain tension adjuster berputar batang penegang akan terdorong oleh daya pegas dan menekan cam chain tension adjuster yang sekaligus menekan rantai cam.
Nah, begitu caranya 

DAN CARA YANG KE DUA MENGATASI RANTAI KETENG YANG BERISIK DI MOTOR SATRIA FU .

   • Sebagai komponen utama dari crankshaff dan di teruskan ke chamsahft yang berada dp kepala silinder yakni timing chain terkadang mengalami masalah, salah satu masalh yang di timbulkan yaitu mengeluarkan bunyi suara yang berisik. Salah satu sepeda motor yang sering mengalami masalah tersebut yakni pada motor satria fu. Nah, kali ini spekengine.com akan mengulas informasi tentang memperbaiki, mencegah dan mengatasi rantai keteng berisik pada motor satria fu

   • Pada hal ini chamshaft merupakan alat yag berfungsi untuk mengatur beberapa klep yang berada di mesin. Klep tersebut bterdiri dari klep In dan ex pada ruang bakar/kepalasilinder. Apabila tantai keteng rusak atau sudah tidak normal maka proses membuka dan menutup pada klep akan mengakinbatkan tidak sempurna dan pada pembakaran juga akan tidak normal bahkan dalam kasus yang sangat parah yakni rantai keteng terputus. Akibatnya jika motor berjalan dalam kecepatan tinggi secara otomatis akan berhenti tiba – tiba, Hal tersebut sangat bahaya untuk si pengendaranya. Dikarenakan yang akan rusak yaitu gear box dan kepala silinder mesin.

   • Seirinya pemakain terus berjalan hingga 3 thun sampai 5 tahun, alat tersebut akan mengalami aus, akan tetapi beberapa perilaku yang salah akan mengakibatkan motor juga turt memicu terjadinya kerusakan. Perlakuan salah yang telah di bahas di asas yakni suhu mesin yang kerap cepat panas melebihi standar pabrikan, putaran mesing yang terlalu tinggi karena di pacu untuk balapan, dan juga penggantian oli yang sering terlambat. Nah bila hal tersebut terjadi maka tantai akan kedor dan akan mengakibatkan suara berisik dan malah mengakibatkan putus.

   • Bagi anda yang ingin mengetahui bahwa masalah suara berisik dari motor satria FU tersebut yaitu dari rantai keteng yang sudah kendor. Untuk memastikannya yaitu panasi motor yang anda miliki pada pagi hari dan dengarkan apakah ada suara berisik seperti tek.. tek.. tek.. kalau suara tersebut dalam waktu 10 sampai 10 menit telah hilang berarti proses pelumasan yang bermasalah. Artinya kualitas oli yang anda gunakan pada motor satria fu kurang bagus, sehingga harus anda ganti secepatnya.

   •Namun jika lebih dari 15 menit suara belum hilang berarti permasalahannya ada pada rantai keteng atau pada tensionernyayang bermasalah. Untuk mencegah permasalahan tersebut selain rutin mengganti oli secara berkala di harapkan motor anda jangan mengangkut beban melebihi kapasitas yang sudah di tentukan pabrikan. Selain itu juga gunakan lah teknik mengendara dengan baik dan juga benar, terutama ketika anda melibas jalan yang menanjak dengan tingkat sudut kemiringan yang besar.

   •Selain anda rutin melakukan pemeriksaan, yaitu minimal setahun sekali, juga di sarankan untuk mengganti oli secara rutin dan juga tepat bwaktu, jika anda ragu bawalah motor satria fu anda ke bengkel tesmi. Dan jika motor anda merupakan motor yang menggunakan tensioner, maka pahami juga pada bagian tensionernya. Pengertian untuk tensioner sendiri yaitu alat untuk mengatur tingkat kekencangan rantai tersebut.
Hal yang hasus di perhatikan juga yaitu beberapa kasus ternyata rantai keteng tersebut mengalami masalah, dan yang sering kali bermasalah yakni pada tensionernya. Maka jika itu terjadi anda cukup menyetel ulang tensioner. Akan tetapi jika keduanya baik rantai maupun tensioner telah aus, sebaiknya gantilah semuanya baik rantai keten maupun tensiuner.

   •OKE SEKIAN DARI SAYA CARA MENYETEL RANTE KETENG DAN CATA MENYETEL RANTE KETENG YANG BERISIK DI MOTOR SATRIA FU




0 komentar:

Post a Comment