Saturday, March 17, 2018

Filled Under:

Cara Bore Up motor Satria Fu ke 200CC secara aman | Boru up Satria Fu

Oke kali inih saya akan membahas Bor up Satria fu haria ke 200CC dengan aman

Apakah Anda pengguna motor Satria Fu 150cc? Jika iya, pastinya Anda sudah mengetahui bahwa sepeda motor tersebut memiliki performa yang begitu handal dengan kenyamanan yang tak perlu diragukan lagi. Motor unggulan dari Suzuki tersebut juga senantiasa melakukan pergantian pada model motor Satria Fu. Meskipun performa dan kecepatannya sangat tangguh, namun tak sedikit pula yang menginginkan performa lebih dari motor ini. Apabila Anda yang termasuk di dalamnya, Anda pasti ingin segera memodifikasi mesin suzuki tersebut dengan cara bore up agar laju motor semakin kencang

Banyaknya para pengguna dari motor Suzuki Satria Fu yang menginginkan supaya motor andalannya mempunyai performa yang lebih kencang dan cepat lagi. Hal itu bisa di dapatkan dari cara membore up mesin yang awalnya hanya 150 cc hingga mampu meningkat jadi 200cc. Bore up artinya mengganti piston bawaan pabrik dengan piston yang berdiameter lebih besar. Meskipun banyak vendor motor yang menyediakan piston mengganti original dengan ukuran yang lebih besar, sering disebut dengan Piston Oversize, namun biasanya hanya lebih besar sedikit dari versi standarnya. Hanya naik 0,55 mm atau 3 mm saja.

Untuk Satria Fu sendiri, Suzuki tidak menyediakan ukuran oversizenya jadi jikalau Anda ingin bore up harus mengambil piston milik motor lain yang lebih besar. Biasanya para mekanik dibengkel-bengkel memakai piston Tiger dan CBR 150 yang memiliki piston 63,5 mm, Scorpio 70 mm, Kawasaki Boss atau Eliminator 65 mm. Harga dari piston-piston tersebut sekitar 250 hingga 350ribuan. Misalnya Anda ingin mengganti piston Suzuki Satria Fu dengan piston milik Scorpio, maka hitungannya adalah 0,785 x 70 x 70 x 48,8 = 187cc.
Sebenarnya, Suzuki Satria Fu yang memiliki kapasitas 150 cc dan teknologi DOHC dengan 4 katup sudah mampu memberikan power yang besar. Namun, untuk para pecinta motor modifikasi khususnya kaum muda, akan selalu kurang puas dengan spesifikasi bawaan pabrik. Berbagai cara pun dilakukan untuk mendongkrak performa dan kecepatan dari Suzuki Satria Fu ini.

Untuk mendapatkan kapasitas sebesar 200 cc, maka Anda perlu melakukan Bore Up pada Satria Fu 150cc. Piston bawaan pabrik dilepas dan diganti dengan piston 68 mm eliminator. Namun jika hanya mengganti pistonnya saja, belum bisa mendapat kapasitas sebesar 200cc. Untuk itu, Anda perlu melakukan stroke up yang artinya menaikkan langkah piston. Cukup dengan hanya 3 mm saja, maka secara otomatis langkah piston akan bertambah sepanjang 6 mm. Jadi, langkah piston standar dari Suzuki Satria Fu yang semula adalah 48,8 mm menjadi 54,8 mm. Dengan begitu, kapasitas Suzuki Satria Fu Anda meningkat menjadi 198,9cc.

Kapasitas yang besar namun tidak dibekali dengan pasokan bahan bakar yang memadai, mungkin upaya yang percuma. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan pada klep dan noken as-nya. Anda dapat membeli noken as baru atau mengaturnya sendiri. Pastikan durasinya tepat di 260 derajat. Klep standar yang berdiameter 22 mm dan 19 mm perlu diganti dengan diameter 25 mm dan 22 mm. Supaya lebih maksimal, sektor pengapian pada Suzuki Satria Fu juga diperhatikan. Penggunaan busi iridium dan CDI racing menjamin pengapian lebih optimal sehingga pembakaran akan lebih sempurna.

Oke sekian dari saya .. bagi yang suka Tolong Share oke Thanks 




0 komentar:

Post a Comment